Gen Z Paling Hobi Nonton Platform OTT, 69% Konten yang Paling Banyak Ditonton adalah Drakor

Gen Z punya kebiasaan menggunakan hiburan seluler di platform over-the-top (OTT) dan streaming audio, termasuk musik dan podcast--Jakpat
Mayoritas responden menonton film (85%), diikuti serial (68%), dan kartun atau anime (45%).
Sebagian kecil juga menonton reality show (22%), siaran olahraga langsung (20%), dan siaran televisi langsung (15%).
Tiga dari 5 pengguna OTT biasanya menonton selama 1-2 jam setiap kali membuka platform tersebut.
BACA JUGA:Yandy Laurens Bercerita Tentang Musik di Balik Film ‘Sore: Istri dari Masa Depan’
Dilihat dari asal negaranya, konten paling banyak ditonton berasal dari Korea Selatan (69%), disusul Indonesia (65%) dan Amerika Serikat (48%).
Genre favorit yang paling sering dipilih adalah aksi (65%), komedi (63%), dan romantis (61%).
Meskipun jumlah penggunanya menurun 4% dibanding tahun sebelumnya, Netflix tetap menjadi OTT yang paling banyak digunakan dengan 61%, disusul oleh Vidio yang ditonton oleh 32% pengguna.
Media sosial juga menjadi bentuk hiburan mobile yang banyak digemari pada paruh pertama tahun 2025.
WhatsApp, yang juga berfungsi sebagai aplikasi pesan instan, menjadi platform terpopuler, digunakan oleh 9 dari 10 pengguna media sosial.
Platform lain yang banyak diakses antara lain Instagram (78%) dan YouTube (75%).
BACA JUGA:Bikin Baper! Musik Film ‘Sore: Istri dari Masa Depan’ Langsung Tembus Top Chart Spotify
Menariknya, setiap generasi memiliki pandangan berbeda terhadap nilai dari media sosial.
Sebanyak 28% Gen Z dan 23% Milenial menganggap Instagram sebagai platform yang paling informatif (32%).
Di sisi lain, 24% Gen X lebih memilih TikTok sebagai sumber informasi utama.
Terdapat berbagai jenis konten yang dicari pengguna di media sosial.
Sumber: