Untuk membuat keputusan yang tepat sebelum membeli, kita sering mengandalkan ulasan dari orang-orang yang telah menggunakan produk atau layanan.
Media sosial menyederhanakan proses ini, memungkinkan setiap orang untuk bebas berbagi pendapat mereka di akun mereka.
Survei Jakpat menemukan bahwa tingkat kepercayaan terhadap ulasan dari berbagai sumber tergolong tinggi, dengan profesional (89%), teman/keluarga (86%), dan reviewer produk (86%) menjadi tiga sumber teratas.
Menariknya, selebriti (86%) dan influencer (85%) juga mendapat tingkat kepercayaan yang hampir setara, menandakan bahwa popularitas masih menjadi faktor penting dalam membentuk opini publik di ranah digital.
"Sambutan positif terhadap content creator dan influencer terlihat dari beberapa temuan dalam riset kali ini. Pertama, Gen Z lebih menerima keberadaan content creator dan influencer dibandingkan generasi yang lebih tua, hal ini terlihat dari skor kepercayaan Gen Z terhadap influencer yang signifikan lebih tinggi dibandingkan Milenial,” Aska menanggapi.
Kemudian, akun influencer di platform Instagram, TikTok, YouTube juga masuk dalam top 5 akun yang banyak di-follow oleh masyarakat.
“Ketika digali lebih dalam, ternyata mayoritas follower-nya berasal dari segmen Gen Z,” ucap Aska.