Tingkatkan Mutu Layanan Masyarakat, Puskesmas Leuwiliang Luncurkan Si-PREMAN

Tingkatkan Mutu Layanan Masyarakat, Puskesmas Leuwiliang Luncurkan Si-PREMAN

Tingkatkan Mutu Layanan Masyarakat, Puskesmas Leuwilang Luncurkan Si-PREMAN--Istimewa

DISWAYBOGOR,ID -- Puskesmas Leuwiliang, Kabupaten Bogor, meluncurkan inovasi Si-PREMAN. Tujuannya, untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada mayarakat.

Nama 'Si-PREMAN' sendiri adalah sebuah singkatan, bukan berati mengacu pada orang yang melakukan tindakan kriminal: seperti pemerasan atau perampokan.

Ternyata, kepanjangan Si-PREMAN adalah Sistem Pendaftaran Mandiri. Sebuah inovasi yang memungkinkan pasien mendaftar secara cepat tanpa harus mengantre panjang.

BACA JUGA:Dedi Mulyadi Soroti Krisis Lingkungan di Parung Panjang Bogor, Desak Jakarta dan Tangerang Memperhatikan

Melalui sistem itu, pasien cukup memindai barcode yang terdapat di kartu JKN atau kartu berobat Puskesmas menggunakan alat pemindai yang telah tersedia di lokasi. 

Setelah data terbaca, pasien langsung mendapatkan nomor antrean dan bisa menuju poli yang dituju tanpa melalui proses pendaftaran manual di loket.

“Inovasi ini kami hadirkan sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang cepat, efisien, dan berbasis teknologi," ujar Kepala Puskesmas Leuwiliang, dr. James GH Tambun, Rabu, 18 Juli 2025.

BACA JUGA:Terbengkalai 3 Tahun, Warga Kampung Anyar Cisarua Minta Pemkab Bogor Selesaikan Pembangunan TPT Sungai Ciesek

"Kami ingin menciptakan pengalaman berobat yang lebih nyaman dan manusiawi," sambungnya.

James menjelaskan, sistem Si-PREMAN telah disosialisasikan secara masif. Baik melalui pertemuan langsung dengan warga, maupun lewat media sosial resmi Puskesmas. 

Tak berhenti di situ, James memastikan bahwa pihaknya telah mensosialisasikan inovasi tersebut kepada semua pasien.Termasuk lansia dan pasien baru, dapat memanfaatkan sistem ini. 

BACA JUGA:Kronologi Lansia Tewas Tertabrak KRL di Cilebut Bogor, Korban Warga Setempat

"Pihak Puskesmas juga menyiagakan petugas pendamping di lokasi," jelas James.

Dia menuturkan, penerapan Si-PREMAN menjadi salah satu wujud nyata transformasi digital di sektor layanan kesehatan primer. 

Sumber: